8 Cara Merawat Interior Mobil agar Nyaman dan Awet

Anda bisa berkendara dengan nyaman bukan hanya dari segi mesin mobil yang prima tetapi juga kabin selalu bersih. Membersihkan interior mobil bukan hanya membawa kenyamanan tetapi Anda yang menggunakannya juga terjaga kesehatannya.

Komponen yang ada dalam interior pun akan terjaga keawetannya. Hanya saja Anda perlu tahu bagaimana cara merawat interior mobil yang benar. Mengingat setiap komponennya sangat bervariasi sehingga cara membersihkannya pun bisa berbeda-beda.

Berikut ini beberapa cara merawat yang benar untuk Anda ikuti dengan mudah.

  • Membersihkan Plafon Mobil 

Plafon mobil dibuat dilapisi dengan berbagai jenis bahan seperti beludru atau fabric. Masing-masing bahan membutuhkan cara perawatan yang berbeda. Jika plafon menggunakan bahan jenis fabric, maka Anda harus menggunakan bahan pembersih interior mobil khusus.

Bahan pembersih juga tidak langsung disemprotkan melainkan menggunakan kain yang seratnya halus. Baru gunakan untuk lap seluruh area plafon secara searah. Anda bisa menggosok secara perlahan sampai debu dan kotoran menghilang.

Sedangkan untuk plafon berbahan beludru Anda perlu menggunakan air terlebih dahulu. Gosok plafon perlahan dengan kain lap yang dibasahi air sampai bersih. Jangan langsung menggunakan air karena akan membuat lapisan bludru menyerap air dan menjadi bau.

Plafon yang menggunakan bahan bludru lebih sulit pembersihannya, oleh karena itu jangan sampai tumbuh noda apalagi jamur. Jamur dapat tumbuh jika Anda salah membersihkan seperti menyemprotkan air dan menggunakan lap yang terlalu basah.

  • Cara Merawat Jok Mobil

Bagian yang paling sering digunakan dan perlu perawatan lebih rutin lagi adala jok mobil. Sama seperti plafon, bahan lapisan jok bisa berbeda-beda sehingga cara membersihkannya pun lain. Ada dua tahapan yang bisa dilakukan untuk membersihkannya.

Pertama Anda bisa membersihkan dengan kemoceng untuk menghilangkan debu kering. Kemudian manfaatkan mesin vakum supaya debu dan kotoran di sela-sela jok dapat terangkat.

Apabila bagian jok terdapat noda Anda harus membersihkan dengan cairan sabun kemudian menggosok perlahan dan keringkan. Cara ini hanya bisa dilakukan jika jok menggunakan lapisan vinyl.

Apabila jok mobil menggunakan bahan yang sulit dibersihkan seperti kulit maka Anda harus menyediakan cairan pembersih khusus. Hindari membersihkan jok kulit dengan air deterjen karena akan merusaknya.

  • Cara Membersihkan Dashboard

Dashboard menjadi komponen penting dalam kabin yang akan menutup area mesin dan berbagai macam kabel sekaligus menyediakan ruang penyimpanan. Meskipun dashboard Anda berwarna hitam, namun kotoran bisa saja menempel.

Untungnya cara merawat interior mobil khusus bagian dashboard ini tidak terlalu sulit. Untuk debu kering Anda bisa membersihkannya dengan kemoceng. Jika terdapat kotoran yang berkerak bisa dibersihkan dengan kain lap yang dibasahi air hangat.

Anda juga bisa membersihkan dengan mesin vakum untuk menyedot semua debu kering termasuk pasir. Jangan lupa bersihkan juga bagian setir mobil yang menempel di dashboard. Setir harus selalu dijaga kebersihannya karena mudah terpapar bakteri melalui tangan.

  • Membersihkan Kaca Jendela Luar Dalam

Tips perawatan mobil selanjutnya adalah untuk bagian kaca. Baik itu kaca depan, samping, bagian luar dan dalamnya harus terus dijaga kebersihannya. Kaca harus dalam kondisi kinclong khususnya bagian depan.

Dampaknya sangat besar untuk penglihatan pengemudi, jadi jangan biarkan kaca tergores apalagi sampai buram. Cara membersihkannya bisa menggunakan air dan juga kain lap. Khusus bagian depan Anda bisa membersihkannya ketika mencuci mobil.

Sedangkan bagian dalam Anda bisa mengelap dengan cairan khusus pembersih kaca. Gunakan juga kain yang halus sehingga tidak menimbulkan goresan yang merusak kaca. Cek juga apakah wiper bekerja dengan baik dan air wiper dapat membersihkan kaca depan.

Selain kaca samping dan depan, Anda juga harus membersihkan kaca spion dalam mobil. Kaca ini berfungsi untuk melihat area belakang mobil jadi fungsinya harus setiap saat dicek dan juga dibersihkan.

  • Membersihkan Pijakan Kaki dan Karpet

Tak ketinggalan juga, bagian yang mungkin saja Anda jarang bersihkan yaitu area karpet yang menjadi pijakan kaki serta pedal di tempat pengemudi. Area ini akan sangat kotor ketika mesin hujan tiba.

Alas kaki yang membawa debu, kotoran bahkan lumpur ini bisa menjadi sumber bau yang tidak sedap dalam interior mobil. Oleh karena itu cara merawat interior mobil ini wajib diperhatikan.

Pertama Anda perlu melepas karpet kemudian mencucinya secara terpisah. Gunakan air dan sabun untuk menghilangkan semua lumpur yang berkerak. Kemudian pada bagian bawah karpet gunakan mesin vakum untuk menyedot semua debu bahkan kerikil.

Jangan lupa juga untuk membersihkan pedal di tempat pengemudi. Gunakan sikat gigi sebelum Anda menggunakan mesin vakum. Sikat area yang berkerak sampai bersih kemudian keringkan. Baru setelah itu pasang kembali karpet yang sudah kering.

  • Membersihkan Lubang Ventilasi AC

Cara merawat interior mobil yang juga tidak boleh dilewatkan adalah bagian lubang ventilasi AC. Pada saat Anda membersihkan dashboard tentu ventilasi AC di bagian depan juga harus ikut dibersihkan.

Tapi bukan itu saja, jika mobil Anda menggunakan jenis AC double blower maka bagian tersebut juga perlu dibersihkan. Ventilasi AC yang kotor dapat menyebarkan virus dan bakteri jika tidak dijaga kebersihannya.

Cara membersihkan lubang ventilasi AC bisa menggunakan kemoceng. Bisa juga menggunakan kanebo yang yang telah dibasahi dan diperas. Tujuannya agar kotoran yang berkerak dapat terangkat.

  • Menyediakan Tempat Sampah Mini 

Cara merawat interior mobil bukan hanya membersihkan setiap bagian tetapi juga bagaimana Anda menggunakannya. Selama Anda berkendara siapkan tong sampah mini agar sampah dalam kabin terorganisir dengan baik.

Anda pun tidak kesulitan membuang sampah baik itu dibuang ke jalanan atau ditumpuk di dalam kabin bahkan hanya dibuang di atas karpet. Sampah yang tidak dibuang dengan baik dapat menjadi sumber bau nantinya.

Letakkan tempat sampah di lokasi yang strategis agar mudah untuk diakses. Jangan lupa untuk rutin mengeluarkan dan membuang sampah. Cuci juga tempat sampah agar tampilannya tetap bersih.

  • Menyediakan Pengharum Mobil 

Perawatan interior mobil juga perlu dengan menjaga agar kabin tetap harum. Caranya sangat mudah, Anda bisa memberikan pengharum khusus mobil. Saat ini pengharum ruang mobil dijual di banyak tempat.

Tinggal pilih saja mana wangi yang paling Anda sukai. Letakkan pewangi ini di atas dashboard atau digantung di kaca spion dalam. Gantilah pengharum mobil ini ketika sudah tidak lagi mengeluarkan aroma yang wangi.

Cara merawat interior mobil yang benar harus senantiasa dilakukan dengan benar. Jangan sampai salah menggunakan cairan pembersih agar komponen seperti jok, dashboard, plafon tetap dalam kondisi baik.

Ketika Anda mengabaikan hal ini kerugian tentu akan dirasakan. Kerusakan yang terjadi pada bagian interior mobil membutuhkan perbaikan yang cukup mahal. Jadi pastikan bahwa Anda sudah rutin membersihkannya dengan baik dan benar.

Stay Connected

Model Terpopuler

KIJANG INNOVA
10 Type
Dilihat: 668x
NEW AVANZA
6 Type
Dilihat: 612x

Slide Model

Jejak Pengunjung

10420
Visit Today : 14
Visit Yesterday : 32
This Month : 1248
Who's Online : 3