5 Cara Membersihkan Jok Mobil Kain

Salah satu bagian dari mobil yang sering diabaikan adalah jok. Berpikir bahwa jok tidak berhubungan dengan mesin atau performa mobil, kerap kali pemilik mengabaikan kebersihan dan perawatannya. Padahal, jok mobil kain yang kotor membuat kenyamanan berkendara jadi berkurang. Orang yang naik ke dalam mobil Anda pun pasti akan merasa risih.

AutoFamily juga perlu mengetahui bahwa merawat jok mobil kain memerlukan penanganan yang lebih ekstra dibandingkan jok kulit. Jok dengan bahan kulit sangatlahh mudah untuk dibersihkan dan Anda hanya perlu menggunakan lap serta air hangat untuk dapat membersihkan noda yang menempel. Oleh karenanya, segera ketahui cara membersihkan jok mobil kain mengingat ia termasuk salah satu bahan yang gampang tertempel noda.

Bagaimana Cara Membersihkan Jok Mobil Kain?

Berikut ini, ada 5 cara untuk membersihkan jok berbahan kain yang dapat AutoFamily lakukan, yaitu:

1. Gunakan vacuum cleaner

Untuk mulai pembersihan, siapkan dulu alat dan bahan yang Anda butuhkan. Salah satunya adalah vacuum cleaner. Perangkat ini bakal membantu AutoFamily membersihkan jok kain dari debu dan partikel halus. Sebelum ke cara membersihkan jok mobil kain yang lebih mendetail, kotoran berupa remahan sisa makanan dan lainnya juga harus diangkat agar tidak semakin menempel pada jok.

Arahkan vacuum cleaner ke seluruh bagian jok, mulai dari tempat duduk, sandaran kepala, hingga celah-celah kecil di antara keduanya. Pastikan tidak ada kotoran yang terselip agar tidak mengganggu pembersihan tahap berikutnya.

2. Maksimalkan pembersihan dengan cairan pembersih

Setelah yakin seluruh debu, kotoran, partikel halus, maupun remahan sisa makanan tersedot ke dalam vacuum cleaner, lanjutkan pembersihan jok kain dengan cairan pembersih. Anda dianjurkan menggunakan sabun untuk bahan kain agar tidak merusak seratnya. Jika tidak punya pembersih khusus jok mobil, AutoFamily bisa menggantinya dengan alternatif deterjen yang dicampurkan air bersih.

Setelah itu, masukkan cairan sabun ke botol. Semprotkan cairan sabun ini ke bagian jok mobil yang kotor. Kemudian, gosok perlahan dengan menggunakan sikat berbulu lembut. Usahakan menggosoknya dengan satu arah yang sama agar tidak merusak serat kain. Lakukan secara berulang menggosok jok dengan sikat dan sabun sampai nodanya hilang atau seluruh bagian tercuci.

3. Keringkan pakai hairdryer

Kalau seluruh bagian kursi sudah digosok dengan menggunakan sabun, maka cara membersihkan jok mobil kain yang berikutnya adalah pembilasan dan pengeringan. Ambil kain lap microfiber bersih, lalu usapkan pada permukaan jok. Tujuannya agar kotoran dan sabun yang tadi disemprotkan berpindah ke lap. Usap-usapkan lap ke permukaan jok sampai bersih dan tidak ada residu sabun tertinggal.

Apabila sudah bersih, keringkan permukaan jok dengan pengering rambut atau hair dryer. AutoFamily juga bisa membuka seluruh pintu dan jendela kendaraan agar sirkulasi udara lancar. Tujuannya agar proses pengeringan jok bisa lebih cepat.

4. Gunakan pelapis anti noda

Cara membersihkan jok mobil kain memang sudah selesai, tapi bukan berarti perawatannya sampai di sini saja. Pasca pembersihan, gunakan lapisan anti noda pada bangku pengemudi dan penumpang mobil untuk mencegah noda dan kotoran menempel. Pelapis seperti Upholstery Protector atau Scotchgard Fabric dapat menghindari kotoran, debu, dan noda menempel terlalu lama di permukaan tempat duduk. Dengan begitu, usia pemakaian jok pun bisa lebih panjang. Terapkan hal ini pada jok Anda, seperti pada model jok mobil Toyota Alphard.

5. Batasi makan dan minum di dalam mobil

Makan dan minum di dalam mobil memang boleh, tapi ada baiknya dibatasi agar tidak meninggalkan noda di bangku mobil. Sebab, remah-remah makanan atau cipratan air minum bakal membuat jok jadi kotor lagi. Kalau keseringan dicuci dan dibersihkan, bukannya awet, yang ada malah kain pelapis jok cepat rusak. Oleh karena itu, kalau tidak terlalu darurat, lebih baik menghindari makan di dalam kendaraan.

Nah, itu tadi panduan singkat mengenai cara untuk membersihkan jok jenis bahan kain yang terkena noda. Gampang saja sebenarnya, yaitu dengan memakai vacuum cleaner, sabun, dan sikat pembersih, lalu dikeringkan dengan hair dryer.

Salah satu bagian dari mobil yang sering diabaikan adalah jok. Berpikir bahwa jok tidak berhubungan dengan mesin atau performa mobil, kerap kali pemilik mengabaikan kebersihan dan perawatannya. Padahal, jok mobil kain yang kotor membuat kenyamanan berkendara jadi berkurang. Orang yang naik ke dalam mobil Anda pun pasti akan merasa risih. Oleh karenanya, segera ketahui cara membersihkan jok mobil kain mengingat ia termasuk salah satu bahan yang gampang tertempel noda.

Stay Connected

Model Terpopuler

NEW VELOZ
8 Type
Dilihat: 350x
KIJANG INNOVA
10 Type
Dilihat: 345x

Slide Model

Jejak Pengunjung

6635
Visit Today : 14
Visit Yesterday : 26
This Month : 391
Who's Online : 1