Cara mencuci mobil yang baik dan benar

Sering mencuci mobil belum tentu caranya benar. Mungkin Anda pernah mendapat anjuran cara mencuci mobil yang berbeda-beda dari berbagai sumber. Bagaimana sebenarnya cara cuci mobil yang benar? Tips cuci mobil berikut ini memisahkan apa saja yang boleh Anda lakukan dan apa yang sebaiknya Anda hindari:

Lakukan:

  1. Menggunakan produk khusus mobil dan alat pencuci mobil. Mulai dari spons, lap, hingga sampo khusus mobil sangat dianjurkan. Lap mobil seharusnya sangat lembut dan tidak menyebabkan kotoran atau pasir menempel di lap sehingga tidak menggores cat.
  2. Basahi seluruh bodi mobil sebelum mencucinya. Diamkan beberapa saat agar kotoran yang menempel lebih mudah diangkat, ibarat merendamnya. Gunakan semprotan bertekanan tinggi jika Anda punya. Air akan membantu melunakkan lumpur kering sehingga lebih mudah dibersihkan tanpa perlu menggosok mobil.
  3. Siapkan dua ember, satu untuk air bersabun dan satu lagi untuk membilas spons atau lap mobil. Sering-seringlah membilas spons atau lap dengan air bersih untuk meluruhkan kotoran dan pasir yang menempel, baru kemudian celupkan lagi ke air bersabun untuk mencuci bagian berikutnya.
  4. Cuci dari atas ke bawah. Bagian bawah mobil tentu paling kotor karena lumpur dan tanah. Mulailah mencuci dan mengelap mobil dari atap mobil atau bagian yang terbersih. Biarkan air sabun mengalir ke bawah sekalian melunakkan lumpur kering sehingga nantinya mudah dibersihkan ketika Anda mencuci bagian bawah mobil.
  5. Bilas bodi mobil dengan air bersih. Semprotkan air ke celah-celah dan bagian-bagian yang tersembunyi di bodi mobil.
Stay Connected

Model Terpopuler

NEW VELOZ
8 Type
Dilihat: 350x
KIJANG INNOVA
10 Type
Dilihat: 345x

Slide Model

Jejak Pengunjung

6635
Visit Today : 14
Visit Yesterday : 26
This Month : 391
Who's Online : 1