Tips Menghemat Bahan Bakar Mobil

Tips menghemat bahan bakar mobil banyak dicari. Bahan bakar yang boros akan membuat pengeluaran semakin membengkak mengingat bahan bakar mobil ini tidak murah dan cenderung naik seiring berjalannya waktu.  Tidak hanya itu saja, bijak dalam menggunakan BBM dan mengatur agar BBM tidak boros menjadi salah satu bentuk kepedulian agar BBM ini kedepannya tidak cepat habis.

Yang harus Anda ketahui adalah BBM adalah sumber daya yang tidak bisa diperbarui. Karena kebutuhan akan BBM semakin banyak tidak menutup kemungkinan jika kedepannya BBM ini habis. Oleh sebab itu Anda bisa mulai menghemat BBM mulai saat ini. Simak beberapa tips menghemat bahan bakar mobil yang bisa Anda lakukan:

Hindari Jam Sibuk

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah hindari berkendara saat jam sibuk. Jam sibuk ini hanya akan membuat berkendara Anda jauh lebih mahal. Jam sibuk membuat Anda harus sering berhenti  dan jalan dalam jarak yang pendek. Ketika mobil Anda berhenti, memasukkan gigi kemudian mulai untuk jalan kembali konsumsi bahan bakar yang Anda keluarkan ini jauh lebih banyak.

Tutup Jendela

Membuka jendela secara penuh tidak bagus untuk mobil Anda. Saat Anda membuka jendela secara penuh angin bisa masuk ke dalam mobil Anda, setelah itu bisa memberikan tekanan saat mobil Anda ini melaju. Hal ini justru akan membuat kendaraan atau mobil Anda membutuhkan bahan bakar yang jauh lebih banyak. Untuk menghindarinya Anda bisa membuka jendela sedikit atau menggunakan AC saat mobil Anda terasa panas.

Hindari Banyak Beban

Sama dengan tubuh, mobil ini juga akan membutuhkan energi yang banyak saat membawa beban yang berat. Ibaratnya Anda menggendong tas ransel yang berat, tentu tenaga yang Anda butuhkan untuk mengangkatnya begitu banyak. Anda pun hanya akan menggendong ransel itu saat Anda benar-benar membutuhkannya. Sama dengan mesin mobil ketika barang atau beban didalamnya terlalu banyak energi yang dikeluarkan besar, hal itu juga membutuhkan bahan bakar yang besar.

Kurangi Pemakaian Kendaraan

Tips menghemat bahan bakar mobil paling efektif adalah kurangi pemakaian kendaraan Anda. Jika aktivitas dan mobilisasi Anda padat maka mengurangi penggunaan pemakaian mobil ini kurang tepat. Meski begitu untuk acara yang tidak terlalu penting dan mendesak Anda bisa hindari acara tersebut misalnya acara nongkrong bersama teman dan sebagainya. Anda juga bisa menghindari penggunaan mobil tersebut.

Perjalanan yang Efisien

Saat Anda memarkir mobil, mesin akan dingin. Diperlukan bahan bakar yang lebih banyak ketika mesin tersebut dinyalakan. Jika dalam 1 hari Anda mengunjungi 3 sampai dengan 4 tempat tentu dibutuhkan banyak liter bensin untuk memanaskan mesin mobil itu kembali. Jika masih memungkinkan, Anda bisa mengubah perjalanan. Anda cukup mengunjungi satu atau dua tempat saja dalam satu hari kemudian sisanya bisa dilakukan pada hari berikutnya.

Laju yang Stabil

Bagi Anda pemula mungkin akan sulit untuk membuat laju kendaraan ini stabil. Ada kalanya Anda mengebut, mengendarai mobil pelan bahkan mengerem mendadak. Membuat laju kendaraan stabil ini bisa membuat bahan bakar mobil Anda menjadi lebih hemat. Tidak hanya itu saja, Anda harus mempertahankan laju kendaraan di dalam batas kecepatan yang sudah ditentukan.

Efisiensi BBM mobil akan menjadi menurun drastis jika kecepatan mobil ditambah. Yang harus Anda ingat adalah jangan terlalu sering menginjak pedal terlalu dalam kemudian mengerem secara tiba-tiba karena hal ini akan menyebabkan bahan bakar Anda menjadi meningkat sehingga lebih boros.

Atur Putaran Mesin

Putaran mesin ini bisa Anda lihat pada bagian speedometer dimana ada angka 1 sampai dengan 15. Mobil pada umumnya ini hanya angka 7 sampai 8 berbeda dengan mobil sports yang mana bisa mencapai angka 15. Laju putaran mesin yang terlalu tinggi kemudian rendah dan sebaliknya membuat konsumsi bahan bakar lebih besar. Untuk mengatur putaran mesin idealnya ada di 2500 sampai dengan 3000 rpm, Anda bisa membarengi dengan injak pedal gas dengan perlahan.

Menjaga Jarak

Mengatur jarak mobil Anda dengan yang ada di depan Anda ini akan membuat Anda menjadi lebih irit BBM. Mengerem mobil mendadak dan menekan gas ini justru mengembalikan kendaraan ke kecepatan yang semula. Tindakan ini membuat bahan bakar mobil Anda jadi boros. Usahakan Anda memberi jarak antara mobil Anda dengan mobil yang ada di depan. Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan adalah Anda bisa terhindar dari kecelakaan.

Tambah Kecepatan Bertahap

Tips menghemat bahan bakar mobil yang terakhir jangan menginjak gas secara mendalam dan cepat setelah kecepatan berkurang. Akan lebih baik jika Anda mengatur gas secara bertahap supaya mobil Anda ini menjadi lebih irit BBM. Mengatur gas teratur ini juga akan membuat Anda mendapatkan akselerasi yang Anda inginkan.

Stay Connected

Model Terpopuler

KIJANG INNOVA
10 Type
Dilihat: 668x
NEW AVANZA
6 Type
Dilihat: 612x

Slide Model

Jejak Pengunjung

10418
Visit Today : 12
Visit Yesterday : 32
This Month : 1246
Who's Online : 1